Film 'Republik Twitter' : Fenomena Dunia Maya

"Sekarang ini, suara rakyat itu suara Twitter," ucap salah satu dialog yang diucapkan Kemal (Tio Pakusadewo), Konsultan Komunikasi yang bekerja kepada seorang pengusaha, Arif Cahyadi (Leroy Osman) di film republiktwitter. Fenomena jejaring sosial Twitter sedang sangat booming di kalangan masyarakat Indonesia, dari remaja, orang dewasa, artis, hingga politikus. Sampai-sampai, sutradara Kuntz Agus mengangkat fenomena tersebut ke dalam sebuah film layar lebar.

Berkat Kemal, nama Arif Cahyadi menjadi trending topic di Twitter. Hal tersebut mendorong Arif untuk maju dalam pencalonan gubernur DKI Jakarta. Ternyata, di balik keberhasilan itu ada peran Sukmo (Abimana Aryasetya). Mahasiswa tingkat akhir dari Jogjakarta ini sebenarnya datang ke Jakarta untuk mengejar cintanya dengan seorang wartawan cantik yang ia kenal melalui Twitter bernama Hanum (Laura Basuki).

Berawal dari sebuah mention di Twitter, akhirnya hubungan mereka semakin dekat sehingga Hanum menantang Sukmo untuk menemuinya di Jakarta. Dengan bantuan teman kampus Sukmo yang berasal dari Jakarta, Andre (Ben Kasyafani), akhirnya ia pun tiba di Jakarta. Rika (Jennifer Arnelita), rekan kerja Hanum, dari awal sudah menasehati Hanum untuk berhati-hati dan jangan mempercayai hubungan yang bermula dari dunia maya. Pada saat pertemuan yang dijanjikan, Sukmo merasa tidak percaya diri begitu melihat Hanum yang cantik dari kejauhan.

Ia merasa 'hanya' sebagai mahasiswa dari Jogjakarta yang berdandan 'selengekan' dan 'kucel'. Sukmo semakin tidak percaya diri setelah ia melihat laki-laki lain yang bergaya rapi ala anak Jakarta, Gery (Gery Iskak) menghampiri Hanum. Di saat yang bersamaan, Sukmo menerima tawaran kerja dari Belo (Edy Oglek) sebagai pengelola akun Twitter orang-orang penting, termasuk menjadikan Arif Cahyadi trending topic sesuai dengan perintah dari Kemal.

Setelah sukses bekerja, ia berniat untuk menemui Hanum lagi dengan gayanya yang rapi. Sayangnya tidak sesuai yang diharapkan, Hanum malah ilfeel dengan penampilannya yang seperti itu. Membuat Sukmo menjadi serba salah. Hanum sebagai wartawan, sedang kehabisan berita dan berniat mengundurkan diri dari kantornya. Sukmo bertekad untuk membatalkan keinginan Hanum mundur dengan memberikan suatu berita besar untuk dijadikan liputan utama oleh Hanum.

Tetapi justru berita tersebut yang membuat Sukmo harus berhadapan dengan Kemal, Belo, dan Arif Cahyadi. Bagaimana kelanjutan ceritanya? republiktwitter akan dirilis di bioskop pada 16 Februari mendatang. ...  Sabar Untuk menyaksikan ya ...  ^_^

Tidak ada komentar: