Pantai Bale Kambang yang Terpinggirkan

Satu lagi potensi wisata Indonesia yang terlupakan, yaitu Pantai Bale Kambang di Jawa Timur yang menyimpan berjuta pesona yang tidak diketahui banyak orang. Jalan Menuju Pantai Bale Kambang memang tidak semudah jika mendatangi area wisata seperti di Kepulauan Bali. Tapi dengan kondisi alam yang bersih, Bale Kambang sesuai untuk tempat wisata keluarga. Pantai Bale Kambang masuk dalam wilayah Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, berjarak sekitar 65 km dari Kota Malang.


Untuk mencapai tempat ini, para wisatawan harus melalui jalan yang beraneka ragam, mulai dari berliku, lurus, hingga tanjakan yang curam. Tetapi anda tidak perlu kawatir dengan keamanan jalan, karena jalanan menuju Bale Kambang sudah diaspal. Suasana pedesaan yang masih asri juga bisa Anda nikmati sepanjang perjalanan. 


Pantai Bale Kambang cukup ramai didatangi wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Ada acara khusus di Pantai Bale Kambang ini, yaitu Upacara Surohan (Suro’an) dan Upacara Jalanidhi Puja. Walaupun begitu, pantai ini cukup bersih dengan pasir putih yang menawan dan tempat parkir yang luas. Terdapat pula fasilitas camping ground, kios cinderamata, rumah makan, kantor informasi, bungalow sederhana, mushola, dan pendopo. Sayangnya semua ini tidak dirawat dengan baik. Jika saja semua fasilitas itu dirawat dengan baik, pasti pengunjung ramai untuk datang.

Semoga Bermanfaat ... ^_^

Tidak ada komentar: