Ingin Tubuh Anda Ramping, Sarapan Dengan Makanan ini

Rasa lapar merupakan musuh utama bagi anda yang sedang berdiet. Padahal banyak makanan enak bisa dinikmati dan memberi rasa kenyang. Makan yoghurt, salmon atau telur merupakan beberapa di antaranya.


Kerepotan orang yang sedang berdiet menurunkan berat badan adalah mengatur makanan. Secara emosional ingin tetap makan enak. Namun, secara fisik harus mengurangi asupan makanan. Karena itu selain kemauan yang kuat juga perlu strategi jitu memilih makanan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang perlu dimasukkan dalam menu harian agar berat badan lebih cepat turun tetapi kebutuhan nutrisi tetap tercukupi.

Buah Berries
Beragam jenis berry (strawberry, blueberry, rapsberry) yang rasanya asam segar sedikit manis selalu menarik selera. Lebih baik dimakan segar tanpa tambahan apapun. Selain rendah lemak, rendah kalori, rendah gula, kaya serat dan antioksidan. Jika ada, belilah jenis berry yang organik agar lebih sehat.

Salmon
Ikan salmon kaya akan asam lemak omega3. Lemak ini sangat penting untuk mencegah peradangan dan penyakit jantung. Riset terakhir menyebutkan asam lemak ini bisa membuat insulin lebih sensitif dan mengurangi lemak perut. Dengan gula darah yang stabil orang tidak akan cepat lapar. Salmon juga rendah kalori, rendah karbohidrat, rendah sodium, dan rendah lemak jenuh. Tentu saja sangat bergantung pada cara memasaknya.

Low-fat Plain Yoghurt
Merupakan paduan sehat dari karbohidrat, protein dan lemak yang mampu menjaga kestabilan gula darah yang membuat tidak cepat lapar. Merupakan sumber kalsium dan protein yang cocok buat wanita. Riset terbaru menyebutkan adanya kaitan antara kandungan kalsium dan penurunan berat badan. 1 cup (240 g) low-fat plain yoghurt mengandung 154 kalori, 12.9 g protein, 448 mg kalsium.

Telur
Telur merupakan pilihan tepat terutama untuk sarapan. Asupan protein yang baik sangat penting untuk mengawali hari. Kualitas sarapan menentukan asupan nutrisi sepanjang hari. Metabolisme menjadi baik dan rasa kenyangpun lebih lama. Sebutir telur untuk sarapan bisa menjadi awal yang baik untuk diet sepanjang hari.

Brokoli
Brokoli kaya akan vitamin, mineral dan sumber serat yang baik. Brokoli juga mengurangi resiko kanker terutama kanker payudara. Kandungan luteinnya sangat baik untuk kesehatan mata.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan kaya akan serat, protein, dan zat gizi lain. Kacang-kacangan juga kaya serat larut air yang membantu kestabilan gula darah dan mengontrol insulin sehingga tidak menyimpan kalori yang dirubah jadi lemak. Olah kacang-kacangan menjadi sup, salad atau sebagai camilan, misalnya edamame rebus.

Bayam
Bayam rendah kalori dan bagus sebagai sumber nutrisi penting seperti vitamin K, vitamin A, magnesium, folat, mangan dan zat besi. Juga kaya serat dan antioksidan.

Aneka Jeruk
Aneka jenis jeruk seperti jeruk keprok, jeruk navel, grapefruit merupakan sumber serat larut air yang baik juga kaya akan vitamin C. Serat larut ini berperan untuk menstabilkan gula darah. Karena mengandung banyak air bisa membuat perut terasa kenyang sementara kalorinya kecil.

Tidak ada komentar: