Olah Raga yang Cocok Untuk Anak Kecil yang Gemuk

Sudah bukan rahasia lagi banyak orang dewasa yang mengalami obesitas karena terlalu banyak makan dan sedikit olahraga. Ayo ajak si kecil melakukan olahraga yang menyenangkan agar tidak menjadi gemuk.

1 dari 3 anak yang dianggap kelebihan berat badan atau obesitas kemungkinan besar akan menderita diabetes, gangguan hipertensi, penyakit jantung, sleep apnea dan psikologis di kemudian hari.

Berikut beberapa olahraga menyenangkan yang bisa dilakukan pada si kecil yang gemuk :

Berjalan kaki
Berjalan kaki adalah olahraga yang mudah dan murah untuk dilakukan, termasuk oleh anak-anak. Buatlah kegiatan jalan kaki di pagi atau sore lebih menyenangkan dengan mengajak hewan peliharaan atau menuju tempat menarik seperti taman kota. Mintalah anak-anak berpetualang mencari daun, serangga, bunga atau apapun yang bisa Anda temui di jalan.

Latihan kekuatan
Menurut American Academy of Pediatrics, anak-anak seharusnya tidak diperbolehkan untuk mengangkat beban atau menggunakan peralatan berat sampai mencapai masa remaja. Namun, anak-anak masih bisa melakukan latihan kekuatan dengan menggunakan berat tubuh mereka sendiri. Buatlah tabel stiker dan tantang anak Anda untuk melakukan situps, pushups atau jongkok. Ajaklah seluruh anggota keluarga agar latihan lebih terasa menyenangkan.

Berenang
Belajar berenang merupakan keterampilan penting bagi semua anak. Kebanyakan anak-anak juga sangat suka bermain di dalam air. Ajaklah anak dan seluruh anggota keluarga berenang pada hari libur untuk membuat anak tetap aktif.

Menari
Menari dengan musik juga bisa membakar kalori anak-anak. Nyalakan musik dengan beat cepat untuk membuat anak benar-benar bergerak. Menggonta-ganti lagu juga dapat membuat anak semakin tertarik lagi.

Bermain di taman
Taman bermain biasanya menawarkan ruang luas untuk aktivitas fisik dan petualangan. Berjalan dan mendaki adalah dua cara untuk membakar kalori untuk menurunkan berat badan anak. Permainan seperti sepak bola, petak umpet juga bisa membuat anak tertarik untuk bergerak.

Tidak ada komentar: