Pemain Rekrutan Tersukses El Barca, di Era Pep Guardiola

Pada era Pep Guardiola Barcelona telah menjadi tim yang sukses dalam sejarah klub, bahkan melebihi kesuksesan Barca pada era Johan Cruyff musim 90-an. Dalam tiga musim terkhir, Barca telah mengumpulkan 10 gelar. Termasuk tiga gelar La Liga dan dua Liga Champions. Skuad Barca saat ini sebagai salah satu klub terbaik sepanjang sejarah.

Mendatangkan pemain baru yang tepat untuk klub jelas bukan perkara mudah. Bukan hanya sekadar memiliki bakat, pemain tersebut juga harus sesuai dengan etos seol
pakba klub. Berikut lima rekrutan tersukses Barca, dinilai berdasarkan kontribusinya bagi keberhasilan tim :

Javier Mascherano: Javier Mascherano bergabung dengan Barcelona pada musim lalu, setelah ia meninggalkan Liverpool. Pada awalnya, dia punya masalah beradaptasi dengan klub, tapi dia ternyata menjadi inspirasi. Dia hebat mem-back-up Sergio Busquets dan di beberapa pertandingan krusial, dia bermain baik sebagai bek tengah di saat lini pertahanan Barca membutuhkannya.

Itu adalah musim pertama yang sangat baik untuk Mascherano, saat ia memainkan peran penting dalam pertandingan yang menentukan musim ini. Musim depan dia diharapkan akan menjadi pemain yang lebih berpengaruh buat tim.


Seydou Keita: Dikontrak dengan banderol 14 juta euro pada musim panas 2008, gelandang Mali ini tidak pernah membuktikan dirinya layak sebagai starter di Barcelona, karena kalah bersaing dengan Xavi dan Iniesta. Fakta bahwa dia memiliki penampilan yang lebih bagus pada mu0
sim 2010/211, menunjukkan bagaimana bergunanya Keita untuk Barca.


David Villa: Setelah Zlatan Ibrahimovic meninggalkan Barca, Pep Guardiola mengerti bahwa ia membutuhkan striker kelas dunia yang telah terbukti dan cocok dengan strateginya. Untuk itu Villa mungkin tampak layak di tim Barca.

Mantan Striker Valencia itu, sering membuat assist dan tak kenal lelah. Dia bisa mengembangkan permainannya dengan para mitra yang luar biasa seperti Pedro Rodriguez dan Lionel Messi. Kedatangannya membawa tim ke level yang lebih tinggi. Golnya di final Liga Champions yang melengkung indah, membuat Villa nampaknya masih akan menjalani musim yang cerah di Barcelona.


Dani Alves: Pemain asal Brasil ini selain bisa bermain sebagai bek kanan, ia juga mampu bermain sebagai sayap kanan pada saat yang bersamaan untuk Barcelona. Dia bek yang solid dan bagian terpenting dari permainan tim. Musim lalu, ia menjadi penyuplai terbaik Messi. Tidak ada pemain lain di dunia yang bisa melakukan peran Alves di Barcelona, dia adalah salah satu pemain yang menginspirasi Pep Guardiola.


Gerard Pique: Pique sebenarnya jebolan La Masia, tapi dia bergabung dengan Manchester United pada tahun 2004. Dia tidak mendapatkan banyak kesempatan di tim utama bersama United. Namun Pep melihat pemain in memiliki potensi. Pique sekarang justru menjadi starter yang tak tergantikan di Barca. Ia juga ikut membantu Sapnyol menjuarai Piala Dunia 2010. Tentunya, Sir Alex Ferguson merasa menyesal telah menjualnya dengan murah. Dia menjadi perekrutan tersukses di era Pep Guardiola.

Tidak ada komentar: