PENAHBISAN JUARA PERSIPURA

Persipura Jayapura akan mengumpulkan poin 55 jika sore ini menang. Total angka itu tak mungkin lagi dikejar para pesaingnya untuk mengapit trofi kedua Indonesia Super League (ISL).

Klub asal Papua berjuluk Mutiara Hitam pun wajib menang di Stadion Segiri,saat dijamu Persisam Putra Samarinda.Sebelum melakoni laga yang ditayangkan antv mulai pukul15.30 WIB,Persipura bermodal 52 poin dari 24 kali main. Tiga klub di bawah Persipura,Persija Jakarta,Arema FC Malang,plus Semen Padang (SP) sudah main 25 kali.

Dari tiga klub itu,Persija memiliki poin 45 dan dua lainnya baru mengumpulkan 43 angka. Selisih poin tujuh dengan Persija,jika ditambah angka maksimal sore ini akan menjadi 10.Otomatis,Persipura kembali menjadi jawara.Namun,Pelatih Persipura Jacksen F Tiago mengatakan,pasukannya tak dibebani apa pun.

Menurut dia,semua akan menikmati rivalitas hingga laga sisa. ”Kami tidak akan memaksakan diri, meski aman kalau bisa mengunci gelar lebih awal.Kami akan fokus menikmati pertandingan.Ada empat pertandingan sisa dengan peluang sama.Tapi,kami saat ini dihadapkan pada masalah persiapan tim,” kata Jacksen.

Beban Mutiara Hitam menuju pertandingan ini bertambah karena beberapa teror yang harus diterima mereka. Sehari menjelang kick-off,Boaz Solossa dkk gagal mencoba rumput Stadion Segiri. Padahal,merasakan atmosfer stadion jelang laga sudah jadi hak tim tamu dan menjadi regulasi kompetisi. Imbasnya,mereka hanya melakukan persiapan laga di halaman hotel.

’’Persiapan kami terganggu.Kami tidak diizinkan coba lapangan.Tidak ada alasan jelas pelarangan itu.Persipura seharusnya dapat jatah pukul 08.00 Wita.Tapi,kami akhirnya berlatih di halaman hotel,”ungkapnya. Selain gagal melakukan uji lapangan, Mutiara Hitam juga dihadapkan pada kenyataan absennya sejumlah pemain. Tujuh pilar utama absen karena alasan berbeda.

Hamka Hamzah dan Imanuel Wanggai masih dibekap cedera. Lalu,Zah Rahan Krangar masih bergulat dengan agenda tim nasional (timnas) Liberia.Lalu empat nama lagi,Bio Paulin Pierre,Victor Igbonefo,Gerald Pangkali,dan Yohanis Tjoe terkena akumulasi kartu. ’’Semua gara-gara obral kartu kuning wasit Olehadi saat menghadapi Deltras (Sidoarjo).

Mereka tampaknya tidak suka kalau Persipura juara lebih awal.Kami akan pakai ini sebagai motivasi,’’ tutur eks arsitek Persitara Jakarta Utara ini. Kalkulasi pertemuan Persipura dan Persisam bisa dikatakan berimbang.Dari tiga laga terakhir,Mutiara Hitam hanya menang sekali lalu sisanya seri. Kemenangan 2-0 mereka raih saat menjamu Persisam pada putaran pertama Djarum ISL 2010/2011.

Namun,motivasi tuan rumah juga sedang meninggi usai menang 4-1 atas Persiba Balikpapan di laga terakhir.Klub berjuluk Elang Borneo juga masih berpeluang bermain di level Asia.Mereka berada di urutan 5 dengan nilai 39 dari 25 laga. Terpaut empat angka tim level 3 klasemen sementara. ”Persipura 90% sudah juara,tapi mereka boleh berpesta di tempat lain.

Kami akan bermain terbuka untuk menang.Kami ingin mencari posisi terbaik pada akhir musim. Tim pada dasarnya sudah siap,”tandas Pelatih Persisam Hendri Susilo.

Tidak ada komentar: