Jacksen Senang Mutiara Hitam Jumpa Klub Irak

Peta perjuangan Persipura Jayapura untuk menembus semifinal Piala AFC 2011 sudah diketahui.Pasukan Mutiara Hitam bertemu klub asal Irak,Arbil Sports Club (SC),pada perempat final.

Drawing babak 8 besar Piala AFC 2011 sudah dilakukan di Kuala Lumpur,Malaysia, kemarin.Hasilnya,Persipura menjadi satusatunya wakil Indonesia di level Asia akan menghadapi kekuatan Timur Tengah. Pertandingan pertama akan digelar 13 September mendatang,lalu bentrok kedua dilaksanakan 27 September.

Pelatih Persipura Jacksen F Tiago mengatakan, calon lawan sesuai harapan. ”Persipura pada dasarnya tidak mempersoalkan apa pun hasil drawing. Kami senang bisa menghadapi Arbil.Sejak awal kami ingin menghadapi klub dari Jazirah Arab,”kata Jacksen,kemarin.

Seandainya berhasil melewati hadangan Arbil,Persipura akan menghadapi pemenang antara Al Kuwait (Kuwait) kontra Muangthong United (Thailand).Semifinal leg pertama rencananya digelar 1 Oktober, lalu bentrok kedua dilaksanakan pada 18 Oktober mendatang.Jacksen menambahkan,Persipura membutuhkan pengalaman baru dengan menghadapi klub Timur Tengah.

”Kami membutuhkan suasana baru. Selama ini Persipura selalu menghadapi klub Asia Timur dan Asia Tenggara saja. Menghadapi klub dari Jazirah Arab memberikan pengalaman baru,apalagi kualitas Arbil bagus,”lanjut pria asal Brasil ini. Arbil lolos ke fase perempat final setelah menang extra time 1-0 kontra Tampines Rovers dari Singapura.

Mereka lolos ke fase knock-out pertama dengan status juara Grup E dengan nilai 14 dari enam laga dengan produktivitas plus 13 gol. Anak asuh Ayoub Odisho unggul delapan angka atas Al Ahed (Libanon) yang memiliki produktivitas minus 2.Sepanjang penyisihan grup,mereka belum terkalahkan.Arbil mencatatkan kemenangan telak 5-0 atas tuan rumah Al Oruba (Oman).

Mereka juga menang 6-2 atas Al Ahed. Status ini berbeda dengan catatan Persipura. Mutiara Hitam lolos dari Grup H hanya sebagai runner-up.Berada di Grup H,Boaz Solossa dkk kalah bersaing dengan Chonburi FC (Thailand).Persipura hanya mengumpulkan nilai 11 dari enam laga dengan produktivitas plus 5.Tertinggal dua angka atas Chonburi dengan produktivitas plus 10.

’’Kami butuh referensi pertandingan klub Timur Tengah untuk menghadapi persaingan di LCA (Liga Champions Asia) musim depan.Persipura ingin mendapatkan hasil lebih bagus di LCA musim depan.Kami ingin lolos dari fase grup LCA,’’ kata Jacksen. Partai perempat final kompetisi antarklub level dua di Benua Kuning musim ini memang dijadikan Jacksen untuk memantapkan Persipura.

Apalagi,kekuatan pasukan Mutiara Hitam cukup mengagumkan.Bermodal hanya empat pemain asing plus sejumlah amunisi muda, Persipura sebentar lagi juara ISL plus menembus perebutan tiket ke 4 besar Piala AFC 2011.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

persipura kala luarbias menag itu soal Biasa.