Alexis sanchez : MERAPAT KE BARCELONA

Keinginan Barcelona mendapatkan pemain berkualitas mendekati kenyataan. El Azulgrana segera mendapatkan Alexis Sanchez, gelandang serang yang musim lalu membela Udinese.

Kabar terjadinya kesepakatan antara kedua belah pihak dilansir media Spanyol,kemarin. Media olahraga berbasis di Madrid, Marca,mengklaim pada Selasa (7/6), Barcelona setuju untuk menggelontorkan dana sebesar 27 juta euro (sekitar Rp340,2 miliar) plus Bojan Krkic yang bernilai sekitar 10 juta euro (Rp126 miliar). Bergabungnya Sanchez merupakan citacita Pelatih Josep ‘Pep’ Guardiola.

Seusai membawa El Azulgrana meraih gelar Primera Liga dan Liga Champions musim 2010/2011,Pep sempat berujar ingin mendatangkan pemain berkualitas.Sanchez menjadi jawaban dari keinginan Pep. Pemain asal Cile tersebut memiliki kriteria yang diharapkan. Sanchez punya skill, kecepatan,kemampuan dalam penyelesaian akhir,dan assist bagi rekan setim.Bahkan, kapabilitas Sanchez disetarakan dengan winger Real Madrid Cristiano Ronaldo.

Bersama Udinese,Sanchez menjadi salah satu aktor penting klub Italia itu menembus babak play-off Liga Champions musim ini. Menilik kemampuan gelandang serang berusia 22 tahun tersebut besar kemungkinan Pep akan menjadikan Sanchez sebagai salah satu pilihan di lini depan.

Selama di Udinese,Sanchez mendapat julukan El Nino Maravilla itu lantaran usianya yang masih muda dan gaya main yang stylish tersebut kerap beroperasi di sektor kiri depan.Kelebihannya adalah pada kecepatan dan dribel bola yang mumpuni. Dalam komposisi Barcelona sepanjang musim ini,posisi reguler pada sektor kiri depan kerap dalam skema 4-3-3 ditempati Pedro Rodriguez.

Kehadiran Sanchez akan memperkaya pilihan Pep.Tidak menutup kemungkinan dengan kemampuan yang dimiliki,Sanchez bisa menembus tim utama untuk menggeser Pedro. Meski ditinggal salah satu aset terbaiknya,Owner Udinese Giampaolo Pozzo mengatakan tidak terlalu menyesali. Malah Pozzo mengaku bangga pemainnya dibeli klub terbaik dunia saat ini.”Meski banyak tawaran datang,Barcelona menjadi prioritas,”ujar Pozzo.

Presiden Udinese Franco Soldati juga menegaskan Barcelona berada di posisi terdepan mendapatkan Sanchez.”Kami tidak dapat memaparkan negosiasi yang terjadi karena begitu banyak klub yang menginginkannya.Apa yang saya baca di surat kabar adalah benar.Segalanya berjalan dengan baik,terutama dari aspek ekonomi sebagai bagian dari pertukaran,”katanya.

Selain Barcelona,sejumlah klub lain seperti Inter Milan,Juventus,hingga Manchester City sebelumnya memang menaruh minatnya kepada Sanchez.Ketiga klub tersebut malah memberikan penawaran lebih tinggi dari yang diberikan Barcelona. Tapi,Pozzo menekankan bahwa uang bukan segala-galanya dalam kasus ini.

Pozzo lebih melihat benefit lain,berupa hubungan baik yang akan terbangun antara klubnya dan Barcelona seusai negosiasi ini. Lebih daripada itu,masuknya Bojan dalam klausul juga menjadi keuntungan lainnya yang diperoleh. Meski musim ini jarang dimainkan,Bojan adalah pemain muda dengan prospek cerah. Udinese akan mendapatkan keuntungan seiring kehadiran Bojan.

Melihat kesepakatan kedua kubu yang mulusmulus saja,proses jualbeli pemain pada akhirnya seperti jual-beli di mana kedua belah pihak merasa sama-sama untung. Di satu sisi,Udinese mendapatkan uang dan tambahan pemain berkualitas,kubu Barca mendapatkan pemain yang diharapkan.

Seiring kesepakatan ini juga membuka kemungkinan terjadinya perubahan haluan dalam aksi transfer yang dilakukan sejumlah klub, utamanya Juventus. Dengan masuknya Sanchez,rumor Giuseppe Rossi ke Barcelona dengan sendirinya mentah.

Tidak ada komentar: