Sebuah Kisah : Keajaiban Basmallah

Sebuah kisah menceritakan hidup seorang perempuan tua dengan suaminya. Perempuan tua itu taat beragama, sedangkan suaminya seorang yang fasik dan tidak mau mengerjakan kewajiban agama, apalagi enggan berbuat kebaikan.


Sebuah kebiasaan terpuji dilakukan perempuan ini. Dia senantiasa membaca basmalah setiap kali melakukan sesuatu. Namun kebiasaan baik ini malah tidak disukai sang suami. Suaminya merasa kesal dengan sikap istrinya bahkan sering memperolok-oloknya. "Sebentar-sebentar bismillah, seperti tidak ada ucapan lain saja" ejek suaminya. Istrinya bergeming. Dia hanya berdoa kepada Allah Subhanahu Wata'ala agar memberikan hidayah bagi suaminya.

Suatu hari suaminya berkata, "Suatu saat, kau akan kecewa dengan bacaan-bacaanmu itu!". Rupanya sang suami mempunyai ide jahat. Dia ingin menmperdayakan istrinya dengan memberi uang banyak, lalu akan diambilnya kembali secara diam-diam. Tidak lain, sang suami ini ingin mencelakai istrinya.

"Simpanlah uang ini, jangan sampai hilang apalagi berkurang!" perintahnya. Istrinya mengambil uang itu, dan menyimpannya di tempat yang paling aman dan rahasia. Namun hal itu diketahui sang suami. Diam-diam, suatu saat si suami mengambil yang disimpan istrinya, dan membuangnya dalam sebuah tong di belakang rumah.

Setelah beberapa hari, suami memanggil istrinya dan bertanya, "Mana uang yang aku berikan dahulu? Kini aku membutuhkannya!" pinta suami. Kemudian sang istri pergi ketempat penyimpanan uang itu, si suami pun mengikutinya dari belakang. Dengan berhati-hati ia menghampiri tempat penyimpanan uang, dan mulai membukanya seraya mengucap basmalah, "Bismillahirahmanirrahim..."

Di luar dugaan, sebuah mukjizat terjadi. Allah Mahat Tahu dan tidak pernah tidur. Saat itulah Allah mengutus Malaikat JIbril untuk mengembalikan uang suaminya ke tempat semula. Sehingga perempuan tua yang taat beribadah itu bisa mengembalikan uang kepada suaminya.

Alangkah terkejutnya sang suami menyaksikan uangnya masih utuh, padahal ia telah mengambilnya. Diapun merasa bersalah dan mengakui segala perbuatannya kepada sang istri. Saat itu juga ia bertobat dan berjanji akan segera mengerjakan semua perintah agama, termasuk membaca basmalah setiap sebelum melakukan sesuatu.

Sumber : Buku 1000 kisah islami untuk pilihan anak

Tidak ada komentar: