Tragedi Pembantaian di Mesuji

Tragedi Pembantaian di Mesuji | Mesuji menjadi wilayah yang paling banyak diperbincangkan belakangan ini, setelah video pembunuhan beredar luas pekan lalu. Mesuji ada di dua provinsi, Kecamatan Mesuji, Sumatera Selatan dan Kabupaten Mesuji, di Lampung. Dalam video yang beredar luas itu, kisruh ini memang tergolong sadis. Ada orang yang dipenggal kepalanya.

Tragedi Pembantaian di Mesuji ini kemungkinan besar dipicu oleh konflik lahan antara warga dengan pihak perusahaan. Sebab di akhir tahun 2010 lalu, warga Desa Sungai Sodong Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melakukan panen di perkebunan sawit milik PT Sumber Wangi Alam (PT SWA). Bahkan, saat itu, panen yang dilakukan warga di kebun inti PT SWA seluas 298 hektar, diawasi satu pleton anggota Brimob. pihak perusahaan pernah menangkap warga yang mencuri sawit, tapi warga kemudian menyandera karyawan perusahaan dan meminta teman-teman yang ditangkap dibebaskan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Tragedi Pembantaian di Mesuji dipicu oleh masalah lahan perkebunan. Konflik yang selama ini terpendam kemudian memuncak saat tersiar kabar bahwa dua orang warga Sungai Sodong, Tragedi Pembantaian di Mesuji | tewas dianiyaya oleh orang bayaran PT. SWA yang disewa untuk menduduki lahan yang selama ini menjadi sengketa dengan warga. Warga yang marah kemudian pada Kamis (21/4/2011) menyerang ke PT. SWA, dengan membawa beragam senjata tajam dan api rakitan.

Dalam video (Untuk melihat video tersebut Klik Disini)terlihat jelas, tampak mayat tanpa kepala digantung dan dipertontonkan, ada juga seseorang yang digorok lehernya sampai putus dan pada akhir tayangan video pembataian sadis Mesuji ini, ada sesorang yang berpakaian hitam memakai topeng dan bersenjata laras panjang sedang menenteng kepala manusia yang penuh bercak darah yang masih segar. Sebuah video pertunjukkan penjagalan manusia secara sadis, bahkan manusia zaman pra-aksara pun tidak pernah membantai sesamanya dengan cara sadis seperti ini.

Sampai saat ini Video pembataian sadis mesuji ini masih jadi perdebatan, bahkan ada pihak yang mengatakan Video pembantaian sadis ini direkayasa. Dibalik perdebatan tentang kebenaran atau fakta pembantaian sadis Mesuji ini, Pihak yang berwenang mesti mengusut tuntas kasus Mesuji lampung ini, Tragedi Pembantaian di Mesuji | karena apapun alasannya pembataian manusia oleh manusia sangat tidak pantas terjadi.

Mungkin Dari kita sendiri tak ingin mengulang kasus seperti tragedi PKI 65-66, peristiwa tanjung Priok, peristiwa talangsari, peristiwa Ambon, peritiwa Poso, peritiwa Sampit dan Biarlah peristiwa Mesuji yang menutup tragedi pembantaian manusia oleh manusia di Indonesia ini. Mari kita saling menghargai sesama, mari hargai hak hidup orang lain, apapun alasannya stop Pembunuhan di negeri ini. Save Nyawa manusia, sayangi sesamamu.

Tidak ada komentar: