Efek Makan Permen Karet Setelah Gosok Gigi

Mengunyah permen karet yang bebas gula memang diketahui bagus untuk kesehatan gigi. Tapi apa efek yang didapatkan jika makan permen karet setelah menggosok gigi?


Permen karet bebas gula ini biasanya menggunakan pemanis buatan seperti sorbitol yang tidak menyebabkan kerusakan gigi karena melindungi lapisan enamel gigi dan mengurangi risiko gigi berlubang.

American Dental Association merekomendasikan sesaeorang untuk menyikat gigi 2 kali sehari dengan menggunakan pasta gigi berflouride, serta melakukan floss dan menggunakan mouthwash anti bakteri.

Selama ini mengunyah permen karet tanpa gula disarankan dikonsumsi selama 20 menit setelah makan untuk membantu menetralisir asam yang memang sudah ada di dalam mulut dan yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi, Berdasarkan artikel Contemporary Clinical Dentistry yang diterbitkan dalam edisi Oktober-Desember 2010 menuturkan mengunyah permen karet setelah menyikat gigi membantu mengurangi plak di mulut tapi tidak sebanyak obat kumur.

Sedangkan pada orang yang menderita mulut kering, maank permen karet akan membantu menghasilkan air liur lebih banyak. Kondisi mulut yang kering atau xerostomia adalah suatu gejala yang bisa disebabkan oleh obat atau perawatan penyakit tertentu seperti diabetes dan kanker.

Namun kadang mulut kering bisa menyebabkan bau mulut, infeksi jamur atau masalah kesehatan lain, sehingga dengan meningkatkan aliran air liur dapat membantu mencegah masalah tersebut. Sementara itu dalam artikel terbitan Journal of the American Dental Association mengungkapkan bahwa pemanis buatan xylitol bisa mengurangi tingkat jenis bakteri tertentu dalam mulut seperti streptococcus.

Tidak ada komentar: