Cara Jitu Gemukkan Badan

Masalah menurunkan berat badan sama rumitnya dengan menaikkan berat badan. Ada sementara orang yang makan terus-menerus agar bobotnya naik tetapi tak kunjung tercapai. Ada beberapa siasat praktis yang bisa dicoba. Selain faktor genetik, meningkatkan bobot tubuh tak hanya cukup dengan memperbanyak porsi makanan berlemak dan berkalori. Mengimbangi asupan makan dengan olahraga juga penting untuk memicu naiknya bobot tubuh lebih tanpa mengundang penyakit .


Coba ikuti beberapa cara berikut ini untuk mendapatkan lemak sehat di beberapa bagian tubuh, seperti dikutip Times of India:

Asupan kalori
Wanita dewasa membutuhkan asupan kalori sebanyak 2.000 - 2.500 setiap hari. Jika kebutuhan ini sudah terpenuhi, namun masih terlalu kurus, cobalah untuk makan lebih banyak susu, telur, ikan, dan daging berpadu roti dan sayuran. Juga kacang-kacangan yang kaya protein dan makanan dengan kadar pati tinggi (kentang, beras dan tapioka) bisa menjadi pilihan tepat.

Ngemil
Cobalah untuk lebih banyak ngemil. Tapi ingat, jangan pilih junk food, pilihlah camilan berkalori tinggi yang lebih sehat seperti stick keju, muffin, buah kering, atau yoghurt. Selain itu, cobalah untuk makan dengan porsi lebih besar, setidaknya lima kali sehari.

Minuman
Minumlah banyak cairan bernutrisi dan berkalori tinggi seperti susu, jus buah segar atau minuman energi agar bobot tubuh bertambah.

Olahraga
Banyak orang berpikir olahraga bikin berat badan berkurang, padahal olahraga justru harus dilakukan untuk meningkatkan massa otot, seperti angkat beban. Lakukan olahraga secara teratur dengan periode singkat setiap latihan agar lemak tetap terjaga tanpa membuat tubuh lemas.

Konsisten
Mengubah gaya hidup tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, semuanya membutuhkan proses. Yang pasti, harus ada komitmen untuk menjalaninya dan jangan mudah menyerah sebelum membuahkan hasil. Seperti penurunan berat badan, peningkatan berat badan yang sehat juga membutuhkan proses yang bertahap.

Bobot ideal
Takaran ideal bobot tubuh biasanya ditentukan dengan penghitungan indeks massa tubuh (body mass index/ BMI). Mereka yang obesitas memiliki indeks massa tubuh lebih dari 30. Sedangkan orang gemuk dibatasi pada skala 25-30, dan tubuh ideal sebesar 18,5-24,9. BMI dihitung dari berat badan (kilogram) dibagi tinggi badan kuadrat. Sebagai gambaran, seseorang berbobot 70 kg dan tinggi badan 160 cm memiliki BMI 27,4 kg per meter persegi. Angka yang memposisikannya dalam kategori gemuk itu muncul setelah membagi bilangan 70 kilogram dengan 2,56 meter persegi (1,6 meter x 1,6 meter).

Semoga Bermanfaat ...  ^_^

Tidak ada komentar: