Usia Nenek Moyang Tertua Manusia, Mampu Diprediksi Para Ilmuwan

Para ilmuwan akhirnya mampu memprediksi usia fosil dari nenek moyeng tertua manusia, yang ditemukan di akhir tahun lalu di Afrika Selatan.

Para ilmuwan mengkonfirmasi bahwa usia dari nenek moyang langsung yang tertua mungkin adalah 1,98 juta tahun yang lalu. Hal ini mereka umumkan setelah berhasil meneliti fosil awal manusia, yakni Australopithecus Sediba, di Afrika Selatan, tahun lalu.

Serangkaian penelitian yang yang dilakukan di batuan sedimen di Malapa Cave, Afika Selatan, telah berhasil mengetahui usia dari fosil tersebut, Sabtu (10/9/2011).

"Mengetahui usia mereka sangat penting untuk menempatkan mereka dalam pohon keluarga manusia, dan usianya pun cukup menjelaskan bahwa Australopithecus merupakan kandidat terbaik kami sebagai nenek moyang tertua manusia," ujar Dr Robyn Pickering dari University of Melbourne's School of Earth Sciences, pimpinan dari penelitian tersebut.

"Hasil dari penelitian ini dapat juga menghadirkan informasi waktu yang berharga dari semua fosil nenek moyang manusia sebelumnya," tambahnya.

Temuan ini dipublikasikan dalam edisi khusus jurnal sains internasional Science.

Tidak ada komentar: