Hebohkan Nigeria : Hoax Ponsel Bunuh Manusia

Di zaman ini, masih juga ada orang yang percaya pada berita hoax alias palsu. Di Nigeria, berita bahwa menjawab panggilan ponsel dari nomor tertentu bisa mengakibatkan kematian telah menimbulkan kehebohan.

Berita tersebut menyebar dengan cepat via SMS. Rupanya banyak orang yang percaya sehingga otoritas telekomunikasi Nigeria terpaksa mengumumkan informasi kabar itu sama sekali tidak benar.

SMS tersebut juga menyertakan kabar bohong bahwa sudah beberapa orang meninggal karena menerima panggilan dari nomor tertentu itu. Otoritas setempat, Nigerian Communications Commission, pun berusaha menenangkan penduduk.

"Secara teknis, tidak mungkin kejadian semacam itu terjadi. Tidak terbayangkan seseorang akan tewas hanya karena menerima panggilan telepon. Hanya orang yang mudah tertipu bisa percaya pada rumor ini," tutur Reuben Moka, juru bicara otoritas tersebut.

Memang masih banyak penduduk di Nigeria yang kurang berpendidikan. Maka sebagian dari mereka pun menanggapi kabar hoax tersebut secara serius.

Tidak ada komentar: