Badai Irene Hasilkan Energi Listrik Lebih Besar

Badai Irene yang mengguncang beberapa negara bagian Amerika Serikat (AS) baru-baru ini, memang menimbulkan banyak kerusakan dan kehancuran. Namun ada laporan yang menyebutkan jika badai ini tidak merusak perangkat energi pembangkit listrik di lepas pantai.

Setidaknya ada satu perusahaan energi pembangkit listrik dengan tenaga ombak (gelombang laut) yang ada di lepas pantai New Jersey yaitu Ocean Power Technologies (OPT), selamat dari serangan badai Irene.

OPT mengatakan bahwa pembangkit listrik tenaga ombak ini berhubungan erat dengan program angkatan laut AS yakni Littoral Expeditionary Autonomous PowerBuoy (LEAP). Semua sistem dan perangkat pembangkit listrik tersebut masih tetap berjalan dan berdiri dua hari pasca badai Irene berlangsung.

Seperti dikutip TG Daily, Senin (5/9/2011), pelampung pembangkit listrik tenaga ombak milik OPT bertahan saat badai Irene berlangsung dengan ketinggian gelombang laut hingga 15 meter (hampir 50 kaki). Sementara sistem serta perangkat komunikasi yang berguna untuk memonitor pengamatan di darat tetap konstan dan tidak mengalami gangguan.

Pasokan energi listrik tetap konsisten untuk menggerakan sistem radar dan OPT menjelaskan bahwa energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik miliknya justru menghasilkan enargi yang lebih besar dibanding biasanya.

Tidak ada komentar: