Masjid Terindah di Asia Tenggara

Ada banyak masjid yang dibangun di Asia tenggara. Mulai dari masjid yang kecil, sederhana, besar sampai megah. Masing-masing punya keistimewaan dan keindahan tersendiri.

Namun dari semua masjid, ada beberapa yang dianggap paling megah dan memiliki sejarah menarik tersendiri. Berikut ini 5 masjid terindah di Asia tenggara seperti dikutip dari Most Interesting Facts dan Latest Top Five.

Masjid Sultan, Singapura
Masjid Sultan terletak di Muscat Street dan North Bridge Road, Distrik Kampung Glam Rochor, Singapura. Dikutip dari Most Interesting Facts, masjid ini diketahui sebagai salah satu tempat ibadah utama umat Muslim di Negeri Singa.

Masjid Baiturrahman, Banda Aceh, Indonesia
Salah satu masjid terindah di Indonesia dan dunia ini awalnya dibangun khusus untuk Kesultanan Aceh. Keistimewaan masjid ini terdapat pada keindahan bentuk, ukiran-ukiran atraktif dan halaman yang sangat luas.











Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darussalam
Masjid ini dibangun untuk Kesultanan Brunei yang berlokasi di Bandar Seri Begawan, ibukota Brunei. Masjid ini termasuk salah satu yang paling spektakuler di Asia Pasifik, dan menjadi daya tarik utama bagi para turis. Masjid Omar Ali Saifuddin juga dianggap para masyarakat Brunei sebagai simbol keagungan negara mereka.

Masjid Zahir, Kedah, Malaysia
Masjid Zahir dibangun pada 1912 oleh Tunku Mahmud, putra Sultan Tajuddin Mukarram Shah. Tujuan pembangunan masjid ini dimaksudkan sebagai makam para prajurit Kedah yang gugur saat mempertahankan Kedah dari perebutan Siam pada 1821.

Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia
Dalam bahasa Arab, Istiqlal mengandung arti merdeka, karena memang dibangun sebagai perayaan dan  sekaligus memperingati kemerdekaan Indonesia dari jajahan  kolonial Belanda. Tempat ibadah ini  didominasi susunan balok-balok yang terinspirasi dari gaya bangunan Soviet. Ruang salat utama  berbentuk bujur sangkar  dengan 12 pilar besar. Pilar ini sebagai penyangga kubah utama dengan  diameter hingga 45 meter. Bentuknya yang sangat ikonik, merupakan situs sejarah yang  patut  dipertahankan.

Tidak ada komentar: