Kebakaran Pasar Raya Padang Belum Padam, Selama 7 jam berkobar

Hingga pukul 21.30 WIB tim gabungan pemadam kebakaran kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) belum juga berhasil menjinakkan si jago merah yang melalap kawasan pertokoan di Pasar Raya Padang. Proses pemadam api diperkirakan akan berlangsung hingga dini hari nanti.

Kasi Ops Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Basril, mengatakan api cepat menjalar dan membesar karena sebagian besar toko yang dilalap api menyimpan banyak material yang gampang terbakar. Petugas pemadam kebakaran, menurutnya, berusaha keras melokalisir api agar tidak terus meluas dan membakar bangunan toko lainnya.

“Selain toko alat tulis yang menjadi sumber api, toko yang juga ikut terbakar antara lain toko tekstil dan toko sepatu. Hampir seluruh toko yang terbakar merupakan bangunan bertingkat. Hingga kini api masih belum seluruhnya padam,” kata Basril kepada wartawan di lokasi, Minggu, (14/8/2011).

Dikatakan Basriel, sejauh ini pihaknya belum dapat memastikan berapa jumlah kerugian akibat kebakaran yang diduga akibat arus pendek tersebut. Namun, ia memperkirakan kerugian yang dialami pedagang sangat besar karena biasanya pedagang menumpuk barang di toko pada saat menjelang lebaran seperti saat ini.

“Kita mengerahkan 20 unit mobil pemadam kebakaran dan 50 petugas ke lokasi kejadian. Kita juga dibantu sejumlah instansi dan relawan untuk memadamkan api,” kata Basril

Seperti diberitakan, kebakaran hebat itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB dan menghanguskan sedikitnya 20 toko hingga Minggu malam. Kawasan pertokoan yang terbakar terletak di depan bekas pusat perbelanjan Matahari.

Tidak ada komentar: