Cara Mengatasi "CPU fan Has Failed"

Mungkin anda pernah melihat pesan error seperti dibawah ini:

“ERROR: CPU Fan Has Failed! PC will automatically power down in a few seconds. Service the PC immediately to prevent damage to the PC.”

Pesan error tersebut akan muncul di  layar monitor anda ketika tombol power ditekan dalam waktu 5 detik PC otomatis akan mati (power down). mungkin sebagian dari anda akan bertanya atau bahkan panik apa sebenarnya yang terjadi, apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya?

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah tetap tenang dan jangan panic. Perlu anda ketahui hal ini seringkali terjadi ketika computer pertama dihidupkan, atau setelah melakukan update BIOS. Biasanya pada komputer2 moderen seperti produk HP, sudah ditanamkan sensor untuk mendeteksi kipas prosesor (CPU Fan), sehingga apabila terjadi gangguan pada kipas, seperti tidak berputar, maka sensor tersebut akan bekerja dan mendeteksinya, nah saat itulah proses auto shutdown terjadi. Proses tersebut terjadi untuk menghindari panas yang berlebihan pada CPU yang pada akhirnya dapat merusak komponennya.

Anda dapat mengganti kipas pada computer anda, bila setelah diganti masih saja tetap muncul error message, anda dapat mengganti setting BIOS, berikut langkah-langkahnya:
    * Masuk ke dalam BIOS dengan menekan tombol F11 secara berulang, bila belum juga bisa silakan gunakan tombol F1 atau F10.
    * Setelah berhasil masuk BIOS, pilih menu Advanced, pilih Hardware Monitor tekan Enter, pilih CPU Fan Check kemudian tekan Enter lagi, karena CPU Fannya tidak ada maka kita pilih “Disable” saja. Agar tidak dilakukan pengecekkan.
    * Selanjutnya tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari BIOS.
    * Hal ini dapat juga dilakukan ketika pesan error yang timbul setelah melakukan update BIOS untuk komputer HP.


Semoga bermanfaat!

SUMBER : http://islam-download.net/tips-tricks/hardwares/cara-mengatasi-cpu-fan-failed.html

2 komentar:

Kurniadi mengatakan...

kalau tidak bisa masuk di BIOS bagaimana Mas? Kipas Prosesornya sudah nyala,tapi tetap g bisa masuk ke BIOS

Thx
Adi

pitcing mengatakan...

untuk mas adi mkasih udah brkunjung di blog sederhana ini ..
kalo udah g bs sma skali .. kmungkinan bsar board anda sdah wktunya mnta baru ..hehe