Asteroid Sebesar 2 Bus Lintasi Bumi Malam Ini

Sebuah asteroid besar berukuran seperti dua bus bernama 2011 MD akan melintasi Bumi malam ini dengan jarak sekira 12 ribu km, ujar para ahli astronomi.

Seperti yang dikutip dari ABC News, Senin (27/6/2011), Fred Watson dari Australian Astronomical Observatory mengatakan bahwa asteroid 2011 MD tidak memiliki kemungkinan untuk menabrak Bumi.

Watson juga mengatakan bahwa kecil kemungkinan asteroid tersebut dapat diamati oleh orang banyak. "Karena tempat terbaik untuk melihatnya hanyalah dari utara wilayah Antartika, sekira 3 ribu km dari barat daya Afrika Selatan," imbuhnya.

Dikatakan oleh Watson bahwa objek angkasa tersebut nantinya akan terlihat sangat kecil, dan hanya bisa dilihat melalui teleskop besar di Afrika Selatan. "Mungkin asteroid tersebut akan terlihat seperti sebuah bintang jatuh," katanya.

Watson menjelaskan bahwa pada bulan Februari juga ada asteroid yang melintasi Bumi dengan jarak yang lebih dekat, yakni 5.500 km. "Namun tidak terjadi apa-apa," jelasnya.

2011 MD berukuran lebih besar dari asteroid yang melintasi Bumi pada bulan Februari. "Meskipun begitu tidak ada kemungkinan kalau asteroid tersebut akan memasuki atmosfir Bumi," jelasnya.

"Walaupun jarak lintas asteroid tersebut cukup dekat, sekira 12 ribu km, namun tidak akan memberikan ancaman bagi Bumi," papar Watson.

Namun jarak lintasan asteroid 2011 MD cukup dekat dengan orbit satelit-satelit komunikasi. "Meskipun begitu, kami tidak melihat adanya kemungkinan terjadinya tabrakan dengan satelit-satelit," pungkas Watson.

Tidak ada komentar: