Arsitektur Alam Goa Lawa dan Kegelapan Goa Macan



Letaknya di Dusun Watu Song Kelurahan Sedayu Kecamatan Sedayu Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Untuk mencapai Goa ini kita harus melalui jalanan yang menanjak, menurun serta berliku. Tapi jangan khawatir, jalan yang dilalui bukanlah jalan setapak yang licin tapi jalan yang dilalui untuk menuju Goa ini sudah dikeraskan. Tidak perlu berjalan kaki untuk mencapai lokasi wisata ini. Karena mobil sudah dapat menjelajah jalan sepanjang dua kilo meter menuju lokasi ini.

Untuk dapat menikmati keindahan Goa Lawa dan Goa Macan yang letaknya berdekatan ini, satu orang hanya perlu mengeluarkan dua ribu rupiah saja. Sedangkan untuk bea parkir kendaraan roda empat hanya seribu rupiah, Sangat murah kan...?.

Kami diantarkan oleh Bapak Harsono yang bertugas menjaga Goa ini. Beliau menuturkan bahwa Taman wisata ini masih dalam tahap uji coba selama selama dua tahun terakhir. Kami berjalan menyusuri jalan setapak yang telah di paving, Di kanan kiri jalan terdapat beberapa ayunan untuk bersantai diantara hutan jati.

Goa Lawa letaknya tidak jauh dari pintu masuk taman ini, sekitar 90 meter di sebelah kanan jalan setapak. Kami langsung memasuki Goa Lawa untuk menjelajah seisi goa. Beberapa langkah setelah memasuki Goa Lawa, kami harus sedikit merunduk jika tidak ingin berbenturan dengan batu alam yang bergelantungan di langit-langit goa ini. Coraknya sangat indah, dan Goa nya juga bersih. Tapi sayangnya goa yang indah ini belum cukup di kenal oleh masyarakat.

Sedangkan Goa macan letaknya sedikit lebih keatas. Pintunya juga cukup lebar, konon goa ini dahulu diyakini sebagai sarang macan, apabila ada kambing milik warga yang hilang selalu ditemukan di Goa ini. Tapi kami tidak sempat mengeksplorasi Goa ini karena jalannya licin dan lembab. Selain itu, pak Harsono juga tidak menyarankan kami untuk masuk ke Goa macan.



Tidak ada komentar: