Jangan Biarkan Kepadatan Tulang Berkurang

ANGKA prevalensi osteoporosis di Indonesia mencapai 19,7 persen dan ada indikasi angka ini akan meningkat dari tahun ke tahun. Untuk mengatasinya, perlu upaya-upaya untuk menguatkan tulang.
Jangan biarkan kepadatan tulang berkurang. (Foto: Getty Images)
Jangan biarkan kepadatan tulang berkurang. (Foto: Getty Images)
Cara tersebut antara lain dengan minum susu berkalsium tinggi sedini mungkin, menjalankan gaya hidup yang sehat, dan olahraga secara teratur. Nah untuk mendukung masyarakat Indonesia agar memiliki tulang yang padat dan kuat, PT Djembatan Dua –selaku pemegang merek Produgen– menggagas ”Gerakan Pro Tulang” yang akan diadakan di berbagai kota besar di Indonesia.

Di Jakarta, event ini dilaksanakan pada Minggu (8/5) di Taman Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. Untuk menyukseskan acara ini, Produgen bekerja sama dengan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi) dan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi).

Dihadiri sekitar 1.200 peserta, para peserta secara bersama- sama melakukan senam Pro Tulang dengan instruktur Muthia D atau dipandu oleh MC Irfan Hakim. Pro Tulang sendiri berarti segala hal positif yang bertujuan untuk menguatkan dan menyehatkan tulang.

”Untuk itulah kami menggagas Gerakan Pro Tulang Produgen,” lanjut Edbert Orotodan.

Osteoporosis merupakan suatu penyakit pengeroposan tulang yang dapat terjadi pada siapa saja. Penyakit ini bermula dari berkurangnya massa kepadatan tulang pada manusia sehingga menyebabkan tulang menjadi mudah keropos.

Osteoporosis ini cenderung lebih banyak menyerang wanita daripada pria. Penyebabnya, wanita mempunyai hormon estrogen. Jika hormon ini berkurang terutama saat mulai usia menopause,akan meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis pada wanita.

Pemicu terjadinya osteoporosis bisa disebabkan oleh beberapafaktor, salahsatunya gaya hidup kurang sehat, kurang olahraga, dan kurang asupan kalsium. Fungsi kalsium ini sangat penting untuk membantu pertumbuhan tulang dan menjaga kepadatan tulang pada usia dewasa.

Sebaiknya mengonsumsi kalsium tinggidilakukansejak dini untuk mengurangi risiko terjadinya osteoporosis. Selain senam bersama, kegiatan ini juga diisi dengan talkshow bertema ”Tetap Aktif dan Produktif Berkat Tulang Kuat” oleh Tim Dokter Perosi dan dimeriahkan oleh aneka games dan hiburan lainnya.

Peserta juga bisa mengikuti aktivitas tes kepadatan tulang yang disediakan oleh Produgen agar peserta bisa mengetahui tingkat kepadatan tulangnya.

Tidak ada komentar: