7 Pemenang Keajaiban Alam Terbaru (New7Wonders)


Setelah melalui perdebatan panjang, akhirnya hasil dari pemilihan suara terbanyak untuk menentukan tujuh Pemenang keajaiban alam dunia yang baru telah memiliki hasil akhirnya pada Jumat 11 November 2011 kemarin. Kita, sebagai masyarakat Indonesia pun turut bangga, karena salah satu dari tujuh lokasi Pemenang terpilih adalah Taman Nasional Komodo, yang terletak di Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Yayasan New7Wonders of Nature yang didirikan pada tahun 2007 mengadakan pemilihan ini untuk meningkatkan perhatian masyarakat dunia akan adanya situs-situs paling cantik yang ada di dunia ini.Dengan menggunakan kriteria seperti kecantikan dan keunikan alam, signifikasi ekologi, dan warisan sejarah, jutaan pemilih mengambil bagian dalam pemilihan ini.

Berkantor di Museum Heidi-Weber, Zurich, Swiss, yayasan New7Wonders didirikan oleh seorang warga Kanada yang lahir di Swiss, Bernard Weber. Weber sendiri merupakan seorang pembuat film dan penulis.Dengan tidak berpengaruh pada urutan angka, berikut inilah tujuh situs tercantik dunia yang berhasil memenangkan pemilihan suara di ajang New7Wonders of Nature :

* Sungai Amazon, Amerika Selatan
Meliputi 1,4 miliar hektare, sungai amazon tersebar melalui sembilan negara. Sungai ini pun merupakan sungai yang mengalirkan air dari 10 aliran sungai. Juga tidak ada jembatan di atas sungai ini.

* Ha Long Bay, Vietnam
Terletak di Teluk Tonkin Vietnam, Ha Long Bay ditandai dengan titik-titik dari 1.600 pulau dan pulau batu kapur. Bebatuan yang curam dan hutan yang lebat membantu pulau-pulau tersebut terlindungi dari ulah-ulah nakal manusia. Di sana pun banyak terdapat gua-gua dan gua misterius, hasil dari 500 juta tahun pembentukan dan erosi.

* Air Terjun Iguazú, Brazil/Argentina
Air terjun Iguazu merupakan tumpahan air dari sungai Iguazú yang meluncur dari ketinggian 82 meter dengan bentang tumpahan air selebar 2,7 kilometer dari atas dataran tinggi Parana. Air terjun tersebut dapat diakses dari Brazil, Argentina dan Paraguay. Tumbukan karang, kupu-kupu, burung toucan dan burung kolibri adalah fitur-fitur di area tersebut.

* Pulau Jeju, Korea Selatan
Terbentuk dari erupsi vulkanik dua juta yang lalu, Pulau Jeju yang terletak di Korea Selatan adalah sebuah tambang emas bagi penggemar alam dan sejarah. Pulau Jeju dikenal baik dengan gua misterius, terowongan lahar, pantai, kuil, air terjun dan lebih dari 20 taman nasional yang ada di sana.

* Taman nasional Komodo, Indonesia
Taman Nasional Komodo didirikan untuk menjaga kadal terbesar di dunia, yakni Komodo, yang disinyalir merupakan sepupu dari dinosaurus. Iklim panas yang ada di padang rumput pulau tersebut diselingi kemurnian alam seperti pantai berpasir putih. Sebuah pulau yang dihuni fauna adalah suatu hal yang langka. Di TNK pun wisatawan dapat melalukan snorkeling dengan dasar laut yang rendah sehingga limpahan kecantikan alam seperti spons, karang, krustasea, reptil dan mamalia laut nampak dari permukaan air. Cantik!

* Gunung Meja (Table Mountain), Afrika Selatan
Gunung meja (Table Mountain) yang ada di Afrika Selatan merupakan ikon dari cape Town. Gunung ini menjadi sebuah latar belakang yang megah untuk kota tersebut dengan pemandangan laut yang mengelilingi di wilayah utara.

Gunung berbentuk datar seperti meja ini terbentuk dari erosi enam juta tahun yang lalu. Gunung ini pun merupakan rumah bagi salah satu kerajaan yang paling beragam di dunia bunga, dengan hampir 1.500 spesies bunga.

* Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Philippines
Dimulai di laguna yang jernih di mulut gua batu kapur di Pulau Palawan Filipina, sungai Puerto Princesa adalah sungai bawah tanah terbesar di dunia. Sungai 8.2-kilometer-panjang mengalir melalui gua sebelum melebur ke Laut China Selatan.

Tidak ada komentar: