Agar Kulit Segar dan Kencang, Jeruk Solusinya

Kulit wajah dan tubuh dan mulus, kencang dan segar menjadi dambaan tiap orang. Selain dengan berbagai krim perawatan, kulit yang sehat bisa didapat dari berbagai jenis makanan. Makanan apa saja yang harus rutin dimakan? Penampilan kulit terutama kulit wajah memegang peranan penting dalam membentuk percaya diri. Untuk mengatasi kulit kusam, kering dan kurang bersinar biasanya dipakai aneka jenis krim. Namun, perawatan dari dalam berupa konsumsi makanan bernutrisi memegang peranan penting dalam perawatan kulit.

Banyak penelitian telah mengungkap bahwa nutrisi pada bahan makanan bisa membuat kulit sehat dan bersinar sekaligus mencegah masalah kulit. Beberapa jenis makanan ini dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin karena khasiat bagusnya untuk kulit.

Biji labu kuning
Biji labu kuning atau pumpkin seed memiliki banyak vitamin E, antioksidan dan asam lemak omega-3 yang bisa membantu memperlambat penuaan, menjaga elastisitas dan kehalusan kulit serta membuat rambut lebih bercahaya. Biji labu juga kaya akan zinc yang mencegah munculnya jerawat serta masalah kulit lainnya.

Jeruk
Vitamin C pada jeruk merupakan antioksidan tinggi yang baik untuk menangkal radikal bebas karena paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan penuaan dini. Jeruk juga mengandung bioflavonoid yang memperkuat zat kolagen dalam kulit. Dengan kolagen, kulit akan tampak lebih kencang, lentur dan terjaga kelembapannya.

Kacang-kacangan
Karena kandungan protein nabatinya yang bagus, kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi tiap hari. Kacang-kacangan juga rendah lemak dan asam lemaknya bagus untuk membuat kuku kuat dan tidak mudah patah. Proteinnya juga baik untuk menjaga kulit tetap bercahaya dan lembap.

Teh hijau
Orang Cina umumnya memiliki kulit yang mulus dan sehat. Ini berkat teh hijau yang mereka minum. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang terbukti bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Cobalah ganti kopi dengan teh hijau yang lebih sehat.

Tomat
Buah berwarna merah cantik yang menggoda ini kaya akan serat dan vitamin A yang diperlukan tubuh untuk membantu dalam perkembangan dan memelihara kesehatan sel-sel kulit. Selain itu, lycopene pada tomat juga membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kulit kering.

Tidak ada komentar: