Hutan Di Gunung Sumbing Terbakar, Warga Waspada

Kebakaran melanda hutan pinus yang terletak di Gunung Sumbing, Jawa Tengah. Api yang sudah menyala sejak pukul 18.00 WIB, terus membesar dan membakar sebagian besar lereng gunung.

Menurut seorang warga bernama Imam Husein yang ditemui di sekitar lokasi, titik api awalnya terlihat di sisi Timur gunung yang mengarah ke Dusun Sereal, Desa Ngemplak, Kecamatan Windusari, Magelang, Jawa Tengah.

Meski angin tidak bertiup kencang, namun api terus membesar sampai ke bagian utara gunung, mengarah ke Desa Parakan, Temanggung, Jawa Tengah.

"Tidak ada angin, tapi api malah gede," kata Imam warga Dusun Kalegen, Bandongan, Magelang, Selasa (6/9/2011).

Sampai pukul 21.30 WIB terlihat sembilan titik api menyala dengan kepulan asap yang semakin tebal. Bahkan, api mulai terlihat menuju puncak gunung.

Meskipun kebakaran terus meluas, belum terlihat ada upaya pemadaman api oleh warga. Padahal jarak antara gunung dan beberapa pemukiman warga tergolong dekat sekitar 8-9 kilometer.

Warga tidak panik. Meski demikian mereka tetap waspada. Warga hanya melihat dari jarak jauh dan belum berniat mengungsi.

Belum diketahui penyebab kebarakan. Pos Perhutani yang ada di kawasan gunung tersebut juga dalam keadaan tutup dan tidak seorang pun ada petugas yang berjaga.

Tidak ada komentar: