Apa Benar Minum Soda Bisa Bikin Jerawat? cekidot ..

Minuman soda menjadi kegemaran banyak orang karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Tapi banyak orang yang percaya bahwa minuman bersoda dapat menyebabkan jerawat. Benarkah demikian?

Meskipun tidak ada hubungan langsung antara konsumsi soda dan pengembangan jerawat, tapi zat dalam minuman soda dapat menciptakan masalah dalam tubuh yang menyebabkan jerawat sebagai efek samping.

Soda mengandung kadar gula yang tinggi. Gula membuat orang merasa baik karena secara instan memberi energi dan membuat tubuh melepaskan serotonin (neurotransmitter yang meningkatkan suasana hati sehingga membuat orang merasa bahagia). Itulah sebabnya mengapa minum soda membuat orang kecanduan.

Sebagian besar minuman soda mengandung 250 kalori per 600 ml. Tak ada kandungan nutrisi atau mineral di dalamnya, melainkan hanya gula dan kafein.

Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat dikaitkan dengan perkembangan jerawat, menurut Livestrong, Konsumsi soda dapat menyebabkan lonjakan gula darah sehingga tubuh akan membuat insulin dan testosteron untuk mengkompensasinya. Kondisi ini bisa berdampak pada kulit, yaitu membuat pori-pori tersumbat dan peradangan kulit.

Soda juga mengandung kafein yang secara tidak langsung dapat berdampak pada jerawat. Meski tidak mengakibatkan efek langsung, kafein yang terkandung dalam soda dapat menyebabkan gangguan insomnia dan pencernaan, yang keduanya secara langsung berhubungan dengan jerawat.

Kesulitan tidur yang terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi soda dapat menyebabkan tubuh menjadi stres dan melepaskan kortisol, yang menyebabkan kelebihan produksi minyak dan timbulnya jerawat.

Untuk menghindari jerawat, batasi jumlah soda yang Anda minum untuk membantu meningkatkan kesehatan keseluruhan, yang berhubungan langsung dengan kulit yang sehat.

Tidak ada komentar: