Wanita yang Terlalu Gemuk Berisiko Mati Muda ??

Memiliki tubuh gemuk, baik pria maupun wanita, memang berisiko terkena bermacam-macam penyakit. Namun menurut penelitian terbaru, wanitalah yang sebenarnya lebih berisiko meninggal di usia muda.

Penelitian tersebut dipublikasikan secara online di British Medical Journal. Penelitian itu mengungkapkan obesitas menjadi faktor risiko terbesar pada kematian wanita gemuk yang tidak merokok.

Ada 3.600 wanita dengan usia 45-64 tahun di Skotlandia yang menjadi responden penelitian tersebut. Seluruh responden itu tidak pernah merokok dan terus dipantau kehidupannya selama 28 tahun.

Selama diteliti, 1/2 dari respoden meninggal karena terkena sakit jantung. Dari para responden yang meninggal itu, mereka yang mengalami obesitas paling banyak jumlahnya.


Ahli Nutrisi dr Dian Griesel saat dimintai komentarnya soal hasil penelitian di atas, mengaku tidak terkejut. "Cukup banyak lemak mematikan dan tidak penting ada di tubuh wanita dan ini membuat jantung bekerja semakin berat dan kemampuan jantung untuk bekerja dalam jangka waktu lama pun bisa menurun," ujarnya.

Griesel menjelaskan lagi, seiring waktu berjalan, kelebihan lemak di tubuh ini akan merusak fungsi tubuh seseorang. "Hingga akhirnya memicu satu penyakit serius. Lalu wanita pun mulai minum berbagai obat-obatan yang kemudian diproses di dalam tubuh, meski begitu tetap saja Anda (wanita gemuk) sudah membangun dasar dari risiko kematian di usia muda," tambahnya.

Tidak ada komentar: