Gunung Lokon Belum Pernah Timbulkan Korban Jiwa

Letusan dari Gunung Lokon yang berlokasi di Tomohon, Sulawesi Utara belum pernah menimbulkan korban jiwa. Gunung ini pun terbilang aktif meletus sejak tahun 1815 silam.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sejak tahun 1815 lalu hingga saat ini, sudah tak terhitung berapa kali gunung ini meletus. Namun, letusan maupun aktivitas gunung ini belum pernah menimbulkan korban jiwa.

"Aktivitas gunung ini palingan hanya mengakibatkan kerusakan persawahan serta kerusakan tempat tinggal," ujar Sutopo , Senin (18/7/2011) malam.

Warga di sekitar gunung pun sebenarnya cukup senang dengan aktivitas gunung Lokon. Gunung ini jadi tidak punya waktu untuk menyimpan energi letusan yang cukup besar, energi yang ada terus terbuang secara berkala.

"Selain itu, bahan material gunung bisa menyuburkan tanah mereka," lanjutnya.

Pantauan BNPB, masyarakat sekitar juga sudah terbilang sadar bencana. Hal yang sama juga untuk Pemda setempat. "Mereka sudah paham, apalagi mereka dapat pengetahuan dari aktivitas Gunung Merapi," imbuhnya.

Dalam setiap bencana letusan gunung, BNPB menerapkan 3 prosedur. Yang pertama, bagaiamana menjauhkan masyarakat dari bahaya, lalu menjauhkan bahaya dari masyarakat. Maksudnya adalah kesiapan pemerintah dalam melakukan early warning.

"Yang terakhir adalah hidup harmoni dengan bencana," tandasnya.

Tidak ada komentar: