Memutihkan Gigi, Bisa Dilakukan di Rumah

Gigi putih tentu menjadi dambaan setiap orang. Kini, ada beragam cara untuk membuat gigi menjadi lebih putih. Mau cara instan atau yang memakan waktu? Anda tinggal pilih.

Warna putih gigi bisa hilang akibat makanan, minuman, dan kebiasaan merokok. "Sering mengonsumsi antibiotik yang mengandung tetrasiklin juga mengakibatkan warna gigi berubah kusam," terang Drg. Lita Darmawan dari Klinik Kharinta, Bintaro.
TIGA CARA PUTIHKAN GIGI
Mau cepat atau lama? Proses pemutihan gigi bisa Anda pilih sesuai isi kantong dan kebutuhan.
1. Pemutihan dengan Gel
Langkah awal, dokter akan mencetak gigi untuk pembuatan sampel tray (wadah) gigi di laboratorium. Setelah tray siap, pemutihan gigi dengan gel bisa dilakukan di rumah. Caranya, oleskan gel pemutih pada tray, lalu pasang tray pada gigi. "Pemutihan dilakukan selama tidur malam. Saat bangun pagi, tray baru bisa dilepas, setelah itu gosok gigi dan bersihkan tray-nya," kata Lita. Jika dilakukan selama tiga hari berturut-turut, gigi putih yang diidamkan pun akan segera dimiliki. Biaya satu paket perawatan gigi dengan gel ini berkisar Rp. 1,5 - 2 juta.
2. Pemutihan dengan Laser
Pemutihan cara ini harus dengan bantuan dokter gigi. Caranya, sebelum dilaser, gusi diberi pelindung. Setelah itu, gigi disinari dengan sinar yang cukup tinggi, kemudian dibilas dan disinari lagi. Perubahan akan terlihat hanya dalam waktu 0,5 - 1 jam.
3. Pemutihan dengan selotip pemutih
Pemutihan dengan selotip hanya butuh waktu setengah jam dan hasilya hanya bertahan beberapa hari saja. Pada proses pemutihannya, selotip pemutih ditempelkan pada gigi selama setengah jam. Setelah dilepaskan, gigi akan tampak menjadi lebih putih. "Harga satu paket selostip cukup mahal, yaitu Rp 750 - 1 juta," kata Lita.
SEPUTIH APA GIGI ANDA?
Ada empat kelas warna gigi, yakni A, B, C, dan D. "Gigi di kelas A merupakan gigi dengan warna kekuningan. Kelas B merupakan gigi putih, C kategori keabuan dan D adalah gigi kecokelatan," papar Lita.
Setiap kelas terdiri dari 5 strip. Dokter gigi akan menentukan di mana letak kelas gigi Anda dan menaikkan dua strip agar terlihat lebih putih. Misalnya Anda berada di kelas A2 maka dinaikkan dua strip menjadi A4.
ANAK KECIL BELUM BOLEH
Pemutihan gigi tidak dilakukan pada anak-anak, karena anak-anak memiliki ruang gigi yang masih cukup lebar, sehingga semakin rentan terjadinya iritasi dan rasa linu. Biasanya, pemutihan dilakukan pada orang yang berusia lebih dari 15 tahun dimana keadaan giginya sudah mapan.

Tidak ada komentar: