Manfaat Melepas Cesc ke Barca

London - Cesc Fabregas adalah bintang Arsenal yang sangat diminati Barcelona. Meski sejauh ini enggan melepas, mungkin akan ada manfaatnya jika Arsenal kini merelakannya ke Barca.


Begitulah penilaian yang diberikan oleh Nigel Winterburn, mantan pemain bertahan Arsenal, dalam menyikapi rumor transfer yang melibatkan Fabregas.

"Pertanyaan besar musim panas ini adalah apa Cesc Fabregas akan tetap di sini dan saya harus mengakui, saya ragu," ujarnya di ESPN Star.

"Cesc jelas ingin pergi ke Barcelona tahun lalu, tapi ia terikat kontrak panjang di Arsenal dan bukan tipe pemain yang suka meributkannya. Ia terlalu menghormati manajernya dan klub," lanjut Winterburn.

Minat Barca terhadap Fabregas musim panas ini kembali muncul. Dan, meskipun si pemain Spanyol akan tetap profesional jika Arsenal tak mau melepas, Winterburn menilai ada manfaatnya jika The Gunners merelakannya pergi.

"Ia akan selalu memberikan yang terbaik di lapangan, tapi jika ia tetap ingin pergi dan kembali ke Spanyol maka klub harus memikirkan untuk membiarkannya saja," katanya.

Pemain yang tampil bersama Arsenal pada kurun waktu 1987–2000 itu menilai, setidaknya ada dua manfaat yang bisa dipetik oleh klub London itu jika melepas Fabregas.

"Arsenal-lah yang memutuskan dan bisa meminta (uang) sebanyak mungkin dari Barcelona. Mestinya untuk pemain sekaliber Cesc yang usianya masih 24 diperlukan sekitar 30 juta poundsterling."

"Jika ia pergi maka itu bisa memberikan peluang untuk pemain lain dan mungkin juga mengubah gaya bermain di tengah. Sistem saat ini yang berdasarkan kemampuan teknik sudah terbaca dalam beberapa tahun belakangan dan Arsene (Wenger) mungkin bisa melihat strategi lain," ulas Winterburn.

Tidak ada komentar: