Gempa Susulan Sebabkan Aliran Listrik Padam di Tapanuli Utara

Gempa susulan berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) kembali mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (18/6/2011) sore sekitar pukul 18.58 WIB. Akibatnya, warga menjadi panik berhamburan keluar rumah.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Medan, titik gempa berada di 1.78 Lintau Utara, 99.14 Bujur Timur, atau 31 kilometer Tenggara Tarutung dengan kedalaman 10 kilometer.

Guncangan gempa menyebabkan warga di Desa Sarulla, Kecamatan Pahae Jae, Taput yang masih trauma akibat gempa, berhamburan keluar rumah. Belum diketahui kerusakan yang diakibatkan gempa susulan ini akibat guncangan terjadi menjelang malam.

Salah seorang warga, Tuti mengatakan, gempa juga mengakibatkan aliran listrik padam seketika.

"Listrik sempat hidup sehari lalu. Tapi padam lagi karena gempa sore tadi. Warga jadi panik dan kebingungan menyelamatkan diri," kata Tuti.

Tuti juga menyebutkan, sejumlah warga pingsan karena terkejut dengan gempa susulan. Namun belum diketahui adanya korban jiwa.

"Tim kesehatan dan Penanggulangan Bencana Gempa Tarutung yang ada di tiap desa, masih melakukan pemeriksaan apakah ada korban jiwa," sebut Tuti.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, gempa juga menyebabkan jalan Lintas Sumatera-Tarutung tertimbun longsoran tanah dari perbukitan di empat titik, namun belum ada konfirmasi yang berhasil diperoleh.

Tidak ada komentar: