Kuda 'Master King' Milik Kapolda Jatim Rebut Juara 1

Sebanyak 109 ekor kuda dari berbagai daerah di Indoenesi dan manca negara, berpacu di arena pacuan kuda Pantai Ria Kenjeran Surabaya, untuk meramaikan peringatan HUT Bhayangkara ke-65.


Dalam Pacuan Kuda Kapolda Jatim Cup tahun 2011, dari 109 ekor kuda itu berasal dari Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Boyolali Jawa Tengah hingga kuda pacuan dari manca negara Timor Leste, ikut bertarung di 18 kelas. Diantaranya kelas remaja sepanjang 1.400 meter, Kelas D dengan 1.400 meter, kelas E 1.200 meter, Kelas B Sprint 1.200 meter, kelas pemula A/B 1.200 meter hingga kelas C sepanjang 1.600 meter.

"Saya ingin mengajak penghoby kuda pacuan untuk memelihara kualitas kuda pacunya," kata Irjen Pol Untung S Radjab kepada wartawan di sela-sela di lokasi, Pantai Ria Kenjeran, Minggu (29/5/2011).

Dengan kegiatan pacuan kuda, jelas orang nomor satu di POlda Jatim ini, selain memberikan hiburan warga Surabaya yang berkunjung ke Pantai Ria Kenjeran, juga ingin mengasah kemampuan kudanya maupun para jokinya.

"Kita ikut kembangkan dan juga mengembangkan larinya kuda," jelasnya.

Dalam acara yang digelar sejak pagi tadi, banyak masyarakat mulai anak-anak hingga orang dewasa, menyaksikan perlombaan adu cepat kuda di pinggir perlintasan arena pacuan kuda.

Pada race pertama di Kelas Remaja sepanjang 1.400 meter, sebanyak 7 ekor kuda bertarung untuk memperebutkan hadiah uang tunai sebesar Rp 7 juta. Hasilnya, kuda jantan, warna jragem umur 3 rahun dengan tinggi 150,2 cm, keturunan Long War dan Mahkota Berlian, milik Kapolda Jatim 'Master King' yang dijoki J Runtu dan dilatih E Wowiling, merebut juara I.

Sedangkan juara kedua diraih kuda Linuweh asal Boyolali milik Rony R dengan joki M Singai dan pelatih Munir Prawoto serta juara ketiga diraih Thunder Junior asal Kalimantan Selatan milik Edi Saddak dengan joki E Sonitan dan pelatih H Rori.

Tidak ada komentar: