Gemuruh Air Terjun Coban Rondo

Berkunjung ke kota kelahiran Krisdayanti, Kota Batu, Malang. Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi tempat wisata Coban Rondo.
Air terjun Coban Rondo (foto: glasessrainbow.blogspot)
Air terjun Coban Rondo

Obyek wana wisata di Kabupaten Malang. Terletak sekitar 12 km dari Kota Batu, atau tepatnya di Desa Pandansari Kec. Pujon.

Kawasan Wana Wisata adalah kawasan wana wisata yang paling mudah ditempuh. Jalan masuk menuju lokasi sudah beraspal, sehingga sangat memudahkan wisatawan apabila ingin mengunjungi obyek wisata ini

Terletak di ketinggian 84 meter, berada pada ketinggian 1135 meter dari permukaan air laut, tepatnya di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten malang. Air yang mengalir berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo.

Gemuruh suara benturan air dengan batu cadas di bawahnya menambah sensasi semburan air terjun yang terasa seakan mengguyur sekujur tubuh. Berada di lokasi yang agak berjauhan dengan lokasi jatuhnya air pun akan tetap bisa merasakan sensasi ini. Bedanya, suara gemuruh itu hanya terdengar agak lirih.

Objek wisata ini pertamakali dibangun pada 1980 dan merupakan bagian dari wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), Perum Perhutani Malang. Dari data statistik yang ada, air terjun Cobanrondo memiliki debit air 150 liter/detik, sedangkan pada musim kemarau hanya 90 liter/detik.

Jika ingin mencapai air terjun, Anda harus berjalan kaki sekitar dua kilometer dari loket pembelian karcis. Perjalanan akan tidak terasa berat karena rimbunnya pepohonan hijau yang akan melindungi Anda dari sengatan sinar matahari dan memberi banyak oksigen untuk paru-paru.

Jalan setapak yang harus dilewati sudah baik sehingga tidak memberatkan perjalanan Anda.

Selain untuk tujuan wisata, air terjun Cobanrondo juga digunakan untuk pengelolaan air minum melalui PDAM untuk masayrakat Kecamatan Pujon. Selain wisata air terjun, wana wisata coban rondo juga sering menjadi sebagai tempat berkemah.

Tidak ada komentar: